Apakah Anda Akan Menjual Bisnis Anda Sekarang?
Tips Bisnis Sheren  

Apakah Anda Akan Menjual Bisnis Anda Sekarang?

Sangat mudah untuk berspekulasi bahwa sebagai akibat dari jangkauan luas dan dalam banyak kasus dampak buruk dari Covid-19 di seluruh dunia, setiap pemilik bisnis Kiwi akan mengubah diri mereka sendiri dengan menjual bisnis sekarang. Faktanya, banyak pemilik bisnis di Selandia Baru yang kami ajak bicara khawatir bahwa sebagai akibat dari bulan-bulan perdagangan yang buruk pasca Covid, mereka sekarang perlu waktu untuk membangun kembali nilai bisnis mereka sebelum mereka dapat mempertimbangkan untuk menjualnya. Menariknya, fakta tidak mendukung pandangan ini, dan sebaliknya, kita telah memasuki pasar penjual dengan pembeli bisnis membanjiri pasar dalam jumlah rekor.

Jika kita membongkar ini, itu mulai masuk akal, kita berada dalam periode ketidakpastian pekerjaan yang meningkat, peningkatan pengangguran karena pemecatan dan kebangkitan yang hampir universal akan kelemahan ekonomi klasik majikan/karyawan kita. Banyak Kiwi tidak lagi bersedia menyerahkan masa depan mereka di tangan orang lain dan tertarik pada prospek untuk menguasai nasib keuangan mereka sendiri. Semua ini, ditambah dengan kenaikan harga rumah di banyak pusat utama (rumah di mana ekuitas sering ditemukan), dan tingkat suku bunga yang rendah secara historis, kami memiliki badai pembeli yang sempurna. Dan seolah-olah itu semua tidak cukup, pertimbangkan sejumlah besar Kiwi yang pulang ke rumah dengan kekayaan yang mereka perjuangkan dengan susah payah yang perlu menyediakan rumah dan penghasilan. Untuk pembeli khusus ini, bisnis yang sudah mapan di bawah manajemen adalah proposisi yang sangat menarik, baik untuk memperoleh sebagian atau seluruhnya. Kualitas pembeli bisnis yang kembali ke Selandia Baru ini luar biasa. Satu-satunya hal yang hilang dari semua ini? Cukup banyak bisnis untuk memenuhi permintaan yang benar-benar tak terpuaskan ini.

Banyak pemilik bisnis menganggap bahwa kinerja yang buruk, terutama kuartal penuh April hingga Juni, akan berdampak buruk pada nilai. Logikanya masuk akal dan biasanya akan menjadi asumsi yang adil, namun situasi ini sama sekali tidak normal. Covid sebagian besar telah diberantas di Selandia Baru dan banyak bisnis yang telah kembali ke tingkat perdagangan pra-Covid dapat dengan jelas menunjukkan penurunan apa pun sebagai peristiwa satu kali atau tidak berulang yang tidak akan berpengaruh pada nilai. Normalisasi akun yang adil akan memuaskan sebagian besar pembeli dan oleh karena itu nilai bisnis tetap terjaga. Tidak ada bedanya dengan bisnis retail yang terkena 3 bulan pengerjaan jalan yang berdampak profit, satu-satunya pecundang adalah pemilik saat ini, setelah pekerjaan jalan selesai, itu adalah bisnis seperti biasa.

Tidak diragukan lagi ada banyak bisnis yang terus berjuang, dan terutama mengingat wabah baru-baru ini di Auckland, telah atau akan gulung tikar sepenuhnya. Ini cenderung sangat spesifik sektor. Jelas bisnis yang mengandalkan pariwisata internasional telah terpukul paling parah dan sayangnya tidak ada solusi mudah yang terlihat. Tetapi ada beberapa pemenang yang mengejutkan juga, seperti industri akomodasi yang sedang panas saat ini dengan tamu bantuan pemerintah dan pariwisata domestik yang mendorong nilai bisnis lebih tinggi dari biasanya.

Pesannya cukup sederhana, meskipun kontra-intuitif: perdagangan 3 bulan yang buruk tidak akan memengaruhi nilai bisnis Anda jika tampaknya kembali normal. Pembeli keduanya dibiayai dengan baik dan berlimpah dan tidak jarang memiliki banyak penawaran pada bisnis yang dijual. Memang waktu yang aneh, tapi bagi yang lihai, sekarang bisa menjadi waktu yang tepat untuk menjual.

Wabah Covid baru-baru ini di Auckland tentu saja membingungkan banyak hal dan tidak diragukan lagi akan memicu perdebatan sengit tentang apakah mencoba memberantas penyakit itu sebenarnya adalah pendekatan terbaik. Ini akan diperburuk jika seluruh dunia tidak berusaha untuk memberantasnya. Jika tidak ada vaksin yang datang, apakah kita akan mengunci perbatasan kita selamanya? Yang kami tahu pasti adalah banyak bisnis akan berdagang dengan baik, dan bagi mereka, keputusan untuk menjual tidak akan ditentukan oleh virus.