Cara Mengadopsi Otomatisasi Bisnis
Strategi Bisnis Sheren  

7 Cara Mengadopsi Otomatisasi Bisnis

Dengan kemajuan teknologi yang pesat, bisnis menggunakan cara untuk mengotomatiskan operasi mereka dan ini berlaku untuk setiap sektor. Dari pembuat ponsel hingga entitas asuransi, setiap perusahaan menggunakan otomatisasi untuk menawarkan layanan pelanggan yang ditingkatkan guna memangkas biaya operasional dan menghilangkan kesalahan yang terkait dengan operasi manusia.

Sekarang, otomatisasi dapat diterapkan dalam bisnis dengan berbagai cara. Teknologi seperti obrolan langsung dan sistem IVR biasanya digunakan oleh sebagian besar perusahaan untuk ini.

Bagaimana IVR membantu dalam mengotomatiskan operasi bisnis

Bukan tanpa alasan yang cukup bahwa begitu banyak bisnis yang beralih ke sistem IVR di seluruh dunia. Menggunakan solusi IVR (Interactive Voice Response) membawa banyak manfaat bagi bisnis apa pun. Ini membantu dalam menurunkan biaya operasional, menghilangkan kesalahan, menghemat waktu dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan merek.

Di bawah ini adalah cara perangkat lunak IVR dapat digunakan untuk mengotomatiskan berbagai operasi bisnis:

1. Resolusi Kueri Dasar

Sistem IVR dapat digunakan untuk menyelesaikan pertanyaan dasar yang diajukan oleh pelanggan. Ini bisa berguna saat agen berbicara dengan orang lain. Penelepon tambahan dicakup oleh sistem IVR. Agen akhirnya harus berurusan dengan lebih sedikit penelepon per hari. Pertanyaan dapat terkait dengan layanan atau produk atau kebijakan perusahaan mengenai pengembalian uang, pengiriman atau penggantian dan sebagainya.

2. Tawaran Promosi

Bisnis menggunakan cara apa pun untuk mempromosikan layanan dan produk mereka saat ini. Mereka menggunakan platform Sosial Media, menggunakan media cetak dan situs web untuk kebutuhan promosi. Namun, sistem IVR juga dapat digunakan untuk tujuan ini. Solusi modern benar-benar dapat disesuaikan dan menu dapat disesuaikan untuk menghilangkan atau menyertakan opsi baru. Satu tombol menu dapat disimpan secara eksklusif untuk promosi. Ini akan membuat penelepon yang tertarik mengetahui tentang promosi meskipun mereka tidak dapat berbicara dengan agen. Ini dapat digunakan bersama dengan tindakan promosi biasa, tentunya.

3. Pemecahan Masalah Dasar

Agen dukungan pelanggan ada untuk menyelesaikan pertanyaan dan keluhan pelanggan 88 domino. Namun, tidak semua pelanggan suka berbicara dengan agen untuk menyelesaikan masalah dasar. Pelanggan yang paham teknologi suka memecahkan masalah secara online dengan menggunakan basis pengetahuan. Bagian ini dapat diintegrasikan dengan sistem IVR. Mereka dapat menggunakan opsi menu di IVR untuk menemukan jawaban atas solusi dasar mereka sendiri.

4. Otomatis Eskalasi Kasus

Terkadang, sebagian pelanggan merek Anda mungkin tidak senang dengan resolusi yang diberikan. Mereka mungkin ingin meningkatkan kasus ke tingkat yang lebih tinggi. Jika penelepon tersebut tidak menemukan agen yang dapat diakses, mereka dapat membuat kami menggunakan sistem IVR untuk mengeskalasi kasus tersebut. Mereka harus mengikuti prompt menu IVR dan memberikan nomor tiket atau referensi. Ini menghemat waktu dan lebih meyakinkan bagi pelanggan.

5. Informasi Akun Otomatis dan Akses Detail

Sistem IVR dapat disesuaikan untuk memberikan informasi akun dan detail terkait kepada penelepon tanpa campur tangan manusia. Ini bisa sangat berguna bagi pelanggan bank dan entitas keuangan. Bahkan entitas non finansial menawarkan skema hadiah dan poin kepada pelanggan mereka untuk pesanan dan pembelian mereka. Penelepon dapat mengetahui poin yang dikumpulkan, saldo tunai, dan informasi semacam itu hanya dengan menggunakan sistem IVR merek menggunakan ponsel mereka kapan saja. Ini bisa berguna bagi orang-orang yang menjalani kehidupan yang sangat sibuk dan menghabiskan banyak waktu di luar ruangan.

6. Pembaruan Detail Otomatis

Detail pelanggan perusahaan dapat berubah selama bertahun-tahun. Mereka mungkin pindah ke tempat baru, mengganti nama, membuang kartu kredit atau debit lama, dll. Nomor telepon atau id email mereka juga dapat berubah seiring waktu. Perubahan ini harus diperbarui dalam database perusahaan. Sangat mungkin untuk menggunakan email atau berbicara dengan agen dukungan untuk memperbarui rincian tersebut. Namun, pelanggan juga dapat menggunakan sistem IVR untuk memperbarui detail mereka tanpa bergantung pada orang ketiga.

7. Perubahan Kebijakan

Ada ribuan perusahaan yang menawarkan kebijakan dan rencana untuk pelanggan mereka. Ini termasuk perusahaan asuransi, penyedia layanan media, ISP, penyedia layanan VPN atau bahkan perusahaan TV kabel. Pelanggan mungkin ingin mengubah paket yang ada karena berbagai alasan. Daripada mengirim email ke perusahaan atau menelepon agen dukungan untuk perubahan paket, pelanggan dapat menggunakan penyiapan IVR dan mengikuti petunjuk untuk mengubah paket layanan yang ada dengan cepat, tanpa kerumitan. Penyiapan IVR juga dapat disesuaikan untuk mengonfirmasi pelanggan tentang perubahan paket dengan mengirimi mereka email otomatis atau pesan seluler sesudahnya.

Menggunakan otomatisasi melalui sistem IVR tidak hanya mengurangi beban kerja pada agen dan menurunkan biaya operasional dan komplikasi, tetapi juga memberikan citra pribadi dan teknologi tinggi untuk usaha Anda! Pelanggan cenderung menganggap perusahaan dengan operasi otomatis berbasis IVR sebagai entitas yang canggih dan andal.